Selasa, 20 November 2012

KEKERASAN & KEHARMONISAN



KONFLIK YANG TERJADI DI BUMI PERTIWI PADA AKHIRNYA MENJADI MUTIARA KEDAMAIAN
Mengapa harus terjadi konflik d ambon maluku utara padahal kita satu bangsa, sangat memperihatikan peristiwa ini di awali tewasnya seorang tukang ojeg yang menimbulkan dendam, dan menjatuhkan korban yang lebih banyak dan kerugian yang besar,sungguh tidak sebanding dengan apa yang terjadi, katanya negara kita berasaskan pancasila tetapi manusianya tidak pancasilais.
Mana bukti pelaksanaan isi dari pancasila poin ke 2 yang isinya” kemanusiaan yang adil dan beradab” kenapa ini tidak di amalkan mana moral bangsa Indonesia mana peran pemerintah yang berdaulat jangan Cuma debat dan saling adu mulut saja lihat moral bangsa ini jangan mementingkan kepentingan sendiri kalian di gaji oleh seluruh rakyat Indonesia, kitapun harus sadar jika kita terus-merusan seperti ini kapan Indonesia akan maju sedangkan pemerintah dan aparat keamanan sibuk mengurus dan membereskan konplik dinegara ini, aparatpun harus tegas dan sabar dalam menghadapi konflik ini, bukan menjadikan warga tambah panas karena merasa ada tambahan musuh (aparat) karena merasa mereka disaingi atau dilawan karena perlengkapan senjata yang jauh berbeda dan pihak polisipun harus bias professional jangan pilih kasih tidak boleh diskriminasi dan harus bertindak sebagai mestiny.
Kerjasama inilah yang kita dambakan guna mencapai keberhasilan wujud dari kerjasama dan koordinasi yang baik sehingga terwujudnya bangsa yang saling menghargai saling membutuhkan satu sama lain dan saling pengertian juga munculnya sifat kepemimpinan(leadership) yang bias membawa bangsa menjadi aman,damai dan tentram.

Apakah telinga anda tuli atau mengabaikan pendapat orang lain sehingga tidak ada pemikiran yang jernih bagi masa depan bangsa “wahai para pemimpin kami yang mulia” aspirasi rakyat bukan hanya disampaikan lewat siding paripurna tetapi lihatlah kami yang menyampakan dengan cara kami sendiri salasatunya dengan seni alunan musik yang indah didengar dan harmonis kami ciptakan apakah sindiran-sindiran lagu tidak kalian rasakan mulai dari sindiran kejelekan sampai ajakan perdamaian kami ciptakan sedemikian rupa tidakah kalian mengerti, sungguh aneh.
Lihat gambar dibawah ini adalah bukti dari kurangnya pendidikan moral bangsa dan kurangnya kesadaran berbangsa dan bernegara,pernah belajar tentang “pendidikan kwarga negaraan” mana buktinya ingat !!! sedikit bicara banyak bekerja itu yang harus kita lakukan bukan mengumbar janji belakang tanpa adanya penepatan janji tersebut,yabg kami butuhkan bukti bukan janji .

Kendaraan milik orang yang belum tentu berdosa telah kehilangan fungsinya sebagai teknologi yang utuh berfikir sebelum bertindak bagaimana jika itu terjadi terhadap kita pasti sakit hati.
Para kawan mediapun kita harus menyampikan informasa yang sesuai dengan keadaan yang terjadi sebenernya supaya tidak menimbulkan permasalahan baru bagi kasus yang sedang terjadi ini.
Warga yang dulu jelas berbeda dengan sekarang karena warga sekarang lebik berperan aktif dan mempertahankan hidup dan hak mereka.
Banyak orang yang merantau jauh datang ke Maluku dan ambon itu hanya memperjuangkan isi perutnya sungguh sadis jika kita hancurkan karena dendam belakang,Jagalah kedamaian bangsa kita ini karena kita bangsa yang bermartabat.
Dantidak kalah menarik juga karena sekarang kita bebas mengabarkan peristiwa yang terjadi walaupun d stasiun local,tidak seperti jaman dulu yang kita akses hanyalah milik pemerintah itupun kebenaran dan keburukanya tidak ditampilkan semua (tidak transparan seperti sekarang ini, kini kita tidak perlu takut departemen penerangan karena musuh media adalah dirinya sendiri musuh yang semestinya diajak berdamai,apakah perang dengan iklan,berdamai derngan jari sendiri menyusun dengan rapih atau menyusun dengan ricuh,dibekas peristiwa konflik seperti ambon,yang rawan panas kembali.
Dengan kemajuan teknologipun kini kita dapat mengakses dimana saja seperti yang terji di suatu rukun warga yang tersedia koneksi interner disetip rumah bahkan pos kamlingpun disediakan sehingga kini warga tidak usah menunggu jurnalis yang dating karena mereka sendiri yang menjadi pewarta,sungguh mulia tekad yang di jung-jung demi mencerdaskan bangsa, beliau tanpa melihat mana yang bias dan yang tida Beliau berharaf supaya masyarakat disana dapat mengetahui dan mengerti teknologi(tidak gaptek)dantidak mudah dibodohi tentang teknologi.
Bahkan disana disediakan jejaring social atau situs khusus bagi warganya isinya menyangkut laporan keuangan desa sehingga lebih teransparan dan jauh dari penyimpangan karena info yang dimuat langsung dapat d akses tidak seperti yang d dalam buku yang dapat rusak seketika dan susah d akses dimana saja dan kapan saja karena jaman sudah bergerak sehingga muncul beberapa jaringan yang dapat d akses itulah kemajuan bangsa dimulai darisana.
Dengan kemajuan teknologi ini warga Indonesia dapat mencurahkan isi hatinya secara langsung ke radio yang dapat dicerna dengan baik oleh masyarakat luas dan mereka dapat menikmati berbagai alunan music mulai dari tradisional sampai masa kini itulah yang di contohkan warga Lombok walaupun kami kadang mengalami kemacetan dalam menelponm karena banyaknya yang menelponya.
Rasanya sangat indak kemajuan teknologi http://linimassa.orgdibarengi dengan lingkungan yang bersih tanfa polusi udara menambah daya tarik tersendiri.
Disana didirikan PAUD (pendidikan usia dini) hebatnya tenaga pendidik disana tidak memikirkan gaji atau upah yang mereka pikirkan mencerdaskan anak bangsa sungguh tekad yang mulia yang patut di contoh dari segi perjuangannya walaaupun pasilitas sekolah yang terbatas tapi tidak mengurangi perjuangan mereka,dan dikemudian hari beliau mengajukan untuk membangun sekolahnya kembali supaya anak-anak lebih nyaman belajarnya.
Selepas darisana kami meengikuti pseorang  penjaga hutan taman nasional rinjani yang memelihara pemasokan air untuk 2400 warga di 10 dusun,sebagai jaga wana beliau digaji Rp.400.000,. dan sebagai jaga air beliau digaji Rp.75.000,. beberapa waktu lalu pipa rusak terkena longsor dan wargapun menderita beliau(kitanad) mengadu ke primadona FM beliau bertindak lebih jauh dengan mendokumentasikannya dan di unggah oleh komunitas primadona FM sehingga dapat bantuan yang banyak,manfaat adanya internet ini masyarakat yang ada diluar sana dapat melihat kegiatan yang terjadi dengan adaanya laporan tersebut,air yang bersih menjadikah wahana bermain anak-anak disana mereka Nampak senang dengan adanya anugrah tuhan yang member nimat yang tak ternilai harganya
Kawan-kawan komunitas menyampaikan bahwa apa yang mereka sampikan itu adalah untuk memicu supaya berdamai dan tidak menyangkut pautkan dengan kejadian yang sangat tragis  mereka bertekad bahwa mereka ingin menyampikan inormasi yang positif yang membangun dan menjadikan pengetahuan.
Sekian dan terimakasih

Penyusun: Epul Saepul Rohman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar